Fan page

header ads

Makna labang iks.pi





ARTI LAMBANG IKS.PI KERA SAKTI

Lambang IKS yang terdapat pada badge dibaju seragam maupun gambar besar yang diberikan pada siswa IKS yang sudah disahkan selaku warga,bukan hanya sekedar hiasan gambar saja tapi sebenarnya mengandung ARTI/MAKNA bagaimana seharusnya JIWA dan SIKAP kita sebagai seorang warga IKS yang sejati.
1.      TULISAN
A.     IKS: Ikatan Keluarga Silat
Maksudnya :kita selaku warga IKS harus mempunyai ikatan batin(persaudaraan)baik dengan perguruan maupun dengan guru sesama saudara kita seperguruan IKS tanpa memandang suku,bangsa,agama,derajat maupun kekayaan,seperti halnya sebuah KELUARGA.
B.     PI: Putra Indonesia
Maksudnya :kita selaku warga IKS hendaknya mampu mengharumkan nama bangsa dan negara indonesia yang kita cintai.
C.     KERA SAKTI :Kera yang mempunyai kekuatan Ghaib
Maksudnya :kita selaku warga IKS hendaknya mampu mejadi pendekar yang tangguh baik dibidang silat maupun dibidang kerohaniannya,sesuai tradisi pendekar-pendekar indonesia dizaman dahulu.
2.      WARNA
A.     MERAH :melambangkan KEBERANIAN
Maksudnya :kita selaku warga IKS harus memiliki keberanian dalam menghadapi segala sesuatu,tapi sifatnya berani karena benar
B.     HITAM :melambangkan KEKUATAN JASMANI
Maksudnya :kita selaku warga IKS selain berani,harus memiliki fisik yang sehat dan kuat,agar dapat melaksanakan ajaran-ajaran IKS.
C.     KUNING :melambangkan KEPANDAIAN
Maksudnya :kita selaku warga IKS selain berani dan sehat harus memiliki kepandaian baik yang sifatnya lahir maupun batin untuk mencapai tujuan.
D.     PUTIH :melambangkan KESUCIAN
Maksudnya :kita selaku warga IKS kalau sudah memiliki keberanian,kesehatan, dan kepandaian harus memiliki budi pekerti yang luhur (iman kepada Allah swt,jujur,suka menolong,dsb) agar selamat dan dicintai masyarakat.

PENJELASAN
Dalam dunia beladiri ,seorang pendekar biarpun ilmunya setinggi langit tapi kalau hatinya penakut berarti sia-sia saja.berani saja tapi fisiknya loyo juga gampang Keok.berani dan fisiknya kuat tanpa kepandaian berarti modal tarungnya awur-awuran.berani,fisiknya kuat,kepandaiannya tinggi tanpa punya landasan budi pekerti yang baik akan menyebabkan kesusahan baik untuk dirinya maupun orang lain dan akhirnya dibenci masyarakat.

sumber:

www.blogger.com/blogger.g?blogID=3338490994604263950#editor/target=post;postID=3003597656592294420

Posting Komentar

0 Komentar